Spread the love

Fenomena Childfree, ide feminisme, politik demokrasi, westernisasi  budaya, ekonomi ribawi adalah sederet permasalahan yang melanda umat Islam hari ini. Persoalan ini belum juga tuntas dijawab oleh  lembaga pendidikan. Bahkan dunia pendidikan saat ini memiliki banyak sekali problem internal yang harus segera diselesaikan.

Kurikulum oplosan, hasil lulusan yang tidak jelas arah, biaya pendidikan yang mahal, munculnya kasus LGBT di lembaga pendidikan adalah sebagian masalah internal dunia pendidikan. Selain itu, ada masalah lain yang terdampak dari rusaknya pendidikan, seperti bullying, perceraian, pengangguran, dan para ilmuwan yang duduk di atas menara dan tidak memahami relevansi ilmunya dengan dunia realitas.

Pendidikan hari ini tidak lagi melahirkan para ulama muttaqin dan hanya menghasilkan para intelektual sontoloyo yang sering kali genit serta terlalu reaksioner terhadap fenomena kerusakan yang ada di masyarakat.

Kuliah Pendidikan Islam (PENDIS) ini adalah upaya untuk mendapatkan Big Picture Pendidikan Islam, agar dapat menghidupkan kembali sistem pendidikan dan tradisi ilmu yang pernah dipraktekan oleh Salafus Shalih.

 

Pendidikan Islam (Ta’dib) dibangun di atas asas wahyu dan mengalir dari islamic worldview hingga membentuk peradaban ILMU yang mulia. Untuk melihat gambaran utuhnya, kita perlu Mempelajari Semuanya secara komprehensif.

Curriculum

List of Subject  

Memahami subyek Pendidikan Islam harus diawali dengan paradigm berpikir yang Islami. Oleh karena itu, paling mendasar sekali harus dimulai dengan memahami Islamic Worldview, agar bisa mengetahui kedudukan pendidikan dalam semesta alam ciptaan.

Setelah itu, memahami Al-Qur’an secara metodologis merupakan sesuatu yang harus dilalui oleh setiap orang yang ingin memperlajari konsep pendidikan Islam. Tanpa Qur’anic View, pandangan kita terhadap pendidikan akan mudah tergelincir kepada paham sekuler-atheistik serta semangat industrialisasi-kapitalis.

KURIKULUM (BAHAN AJAR)

ISLAMIC WORLDVIEW:

  1. Pengatar Islamic Worldview (& Islamic Studies)
  2. Konsep Tuhan & Ibadah
  3. Konsep Agama dan Peradaban
  4. Konsep Manusia dan Ilmu
  5. Konsep Rasul dan Pendidikan

QUR’ANIC METHODOLOGY

  1. Al-Qur’an sebagai Wahyu
  2. Metode Tafsir Qur’an : Pengantar dan Jenis-Jenis Tafsir
  3. Metode Tafsir Qur’an : Tafsir Maudhu’I dan Istiqro
  4. Al-Qur’an dan Ahkamun Nawazil
  5. Mencari Ayat-Ayat Pendidikan

ISLAMIC EDUCATION

  1. Pendidikan : Ta’dib bukan Tarbiyah
  2. Mengenal Sistem Pendidikan dan Istilah Kunci
  3. Tahapan Pendidikan
  4. Lembaga Pendidikan
  5. Posisi Ulama dalam Pendidikan
  6. Wakaf dan Zakat sebagai Model Pembiayaan Pendidikan
  7. Membangun Kembali Sistem Pendidikan Islam

 

Informasi dan Registrasi: idweb.link/pendis